14 Mar 2013

UTERUS BICORNIS

Dalam usia yang relatif lama, ada pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan. Ada dua alasan mengapa hal tersebut terjadi. Alasan yang pertama suami istri itu memang belum menginginkan dan alasan kedua suami atau istri mengalami masalah pada reproduksinya. Salah satu hal yang dapat dialami istri adalah kelainan pada uterusnya.

Sebut saja ia bernama Rita. Dokter kandungannya mendiagnosa ia mengalami uterus bicornis. Kelainan ini dapat berakibat sulitnya pembuahan atau seringnya mengalami keguguran. Maka jika calon ibu mengalami keadaan seperti ini maka calon ibu tersebut harus rajin memeriksa kandungannya ke dokter SPoG.

Ada 2 jenis Uterus Bicornis, yaitu:
a. Uterus bicornis unikollis, terjadi pemisahan uterus kanan dan sebelah kiri yang sangat jelas , namun serviks/leher rahim tetap menjadi satu
b. Uterus bicornis bikollis, terjadi pemisahan uterus kanan dan kiri, serviks ganda, dan vagina tunggal atau ganda.

Menurut dokter kelainan bentuk rahim sudah terjadi ketika calon bayi perempuan berada dirahim atau bisa dikatakan cacat bawaan. Tetapi ada juga pendapat dari tabib/pengobatan alternatif bahwa selain cacat bawaan, kelainan ini bisa juga disebabkan oleh terganggunya psikologis seseorang perempuan yang amat berat, atau karena terlalu lelah.


Memang ada kemungkinan bahwa bayi akan lahir prematur atau mempunyai kelainan kongenital (cacat bawaan) tetapi itu tidak semua, tergantung kasusnya, bahkan mungkin normal. Jika calon ibu mengalami keadaan ini jangan bolong-bolong dalam memeriksa kandungan anda.



sumber: dr Waluyo Supardan SPoG, www.Klikdokter.com 




Tidak ada komentar: