10 Feb 2016

TELAGA BODAS

Telaga Bodas alias telaga putih berada di wilayah antara Garut dan Tasikmalaya di kaki gunung Galunggung, tetapi lebih baik lewat Garut karena lebih dekat. Awalnya kami bertanya-tanya seperti apa sih telaga bodas ini? Dengan perasaan penasaran mobil kami melewati pedesaan dengan aspal yang berjerawat alias gradakan dan berkelok-kelok serta menanjak. Setelah kira-kira 30 menit melaju dari jalan raya, akhirnya sampailah kami di lokasi. Harga tiket mobil dikenakan 15 ribu rupiah sedangkan untuk orangnya sendiri, dikenakan 5 ribu rupiah perorang. Walaupun jauh dari jalan besar, ternyata pengunjung lumayan ramai di hari libur, bahkan plat B ada beberapa mobil sudah diparkir. Kami disambut oleh gapura selamat datang dan warung-warung penjual makanan dan souvenir. Jadi jangan takut kelaparan.

Setelah bertanya kepada orang sekitar, lokasi telaga bodas masih harus ditempuh dengan berjalan kaki karena mobil dilarang masuk. Tak hanya telaga, tetapi juga ada pula pemandian air panas. Pilihan kedua untuk menuju lokasi adalah dengan naik ojek dengan biaya 10 ribu sekali jalan. Waktu tempuh dengan berjalan kaki kira-kira 25 menitan lah sedangkan jika naik ojek hanya 5 menit. Jika kuat berjalan, jalan kaki cukup mengasyikan kok dengan pemandangan yang indah.


Sesampainya ditujuan, ternyata telaga bodas cukup memukau. Ini adalah danau belerang seperti kawah putih Ciwidey Bandung. Namun tingkat belerang disini lebih rendah sehingga tanaman-tanaman masih bisa tumbuh di airnya dan kita bisa berlama-lama foto-foto disini.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang keren, jika kita maju lagi ada pemandian air panas yang cukup enak. Berendam disini gratis yang bayar hanya jika kita memakai ruang ganti. Sayangnya tidak ada ruang bilas dan ruang ganti dibuat seadanya. 

Pemandian ini terdiri dari 2 kolam yang lumayan besar yang dibuat seperti kolam ikan tetapi lumayanlah. Sambil berendam melihat pemandangan telaga bodas.

Tetapi tidak perlu khawatir, walaupun tidak dibilas dengan air bersih, tetapi tidak terasa lengket kok, 







Tidak ada komentar: