26 Feb 2012

SATWA SERUPA TAPI TAK SAMA

BADAK  Status DiLindungi

Siapa yang tidak mengenal badak, hewan mamalia yang mempunyai cula, berwarna kelabu, soliter, mempunyai hobi berkubang di lumpur dan berbadan besar. Di dunia pernah hidup 30 spesies badak, namun sayangnya hanya tinggal 5 ekor yang tersisa. Dua (2) di antaranya tinggal di hutan di Indonesia, yaitu badak Jawa atau yang dikenal dengan badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) dan badak sumatra (Dicerorhinus Sumatrensis)  Sedangkan sisanya berada di India (Rhinoceros Unicornis Linnaeus) dan di afrika, yaitu badak hitam (Diceros Bicornis) dan badak putih (Ceratotherium Simum Burchell). 

Populasi badak kian lama kian menurun bahkan badak hitam Afrika saat ini dinyatakan punah. Hal tersebut disebabkan oleh perburuan terhadap cula badak juga hutan lindung yang  beralih fungsi menjadi hutan industri seperti perkebunan kepala sawit atau yang lainnya contohnya. Adapula yang illegal logging. Maka dunia menetapkan bahwa badak dimanapun merupakan hewan dilindungi dan tidak boleh diperdagangkan baik hidup merupakan bagian-bagiannya setelah mati.

Keunikan badak bermacam-macam. Salah satu contohnya urinnya yang berwarna merah. Selain itu tahukan anda bahwa walaupun mempunyai bentuk serupa, badak Indonesia (Asia) mempunyai perbedaan dibandingkan saudara sepupunya di Afrika sana.
BADAK JAWA


BADAK AFRIKA







badak sumatra
  1.  Afrika: Badak dapat melihat di hutan savana dengan jelas.  Indonesia: Badak tidak dapat melihat cahaya yang terlalu terang karena akan mengalami kebutaan yang diawali dengan matanya seperti berkatarak.
  2. Afrika : cula bedak sangat keras dan terbuat seperti bahan tanduk/tulang. Indonesia: cula badak disebut sebagi cula api yang terdiri seperti jaringan rambut. Cula ini mudah lepas dibandingkan cula badak afrika dan mitosnya sebagai obat.
  3. Afrika: badak putih dan badak hitam (badak yang terakhir punah) berbadan besar. Tingginya bisa mencapai 2 m. Indonesia: Badak Sumatra merupakan badak terkecil di dunia.
  4. Afrika: semua badak afrika bercula 2. Indonesia: Badak Jawa merupakan badan bercula 1 dan terkecil dibandingkan spesies lainnya.     
  5. Indonesia: Tapir hampir selalu mengikuti jejak badak. Makanan badak Indonesia terdiri ratusan tanaman semak. Jika hanya mengkosumsi kurang dari itu akan berpengaruh pada kebutaan
  6. Afrika: kulit badak afrika keras. Indonesia: kulit badak Sumatra lebih banyak rambut dibandingkan spesies lainnya. 


Di Ujung Kulon, habitat badak Jawa, Badak sulit sekali dijumpai apalagi populasinya yang sangat sedikit. Sedangkan jika ingin melihat langsung badak Sumatra, anda bisa datang ke pusat rehabilitasi Sumatran Rhino Century/ SRS (suaka Rhino Sumatra) di Way Kambas, Lampung namun dibutuhkan izin khusus.





GAJAH

Gajah merupakan binatang besar yang ada di muka bumi ini selain ikan paus dan Dinosaurus. Gajah jantan adalah binatang soliter serta agresif sedangkan gajah betina hidup berkelompok. Binatang ini mempunyai ingatan yang tajam dan mempunyai jalur pejalanan yang monoton. Ketika manusia menjadikan rumah atau lahan pertanian di jalur gajah maka binatang herbivora ini terkesan mengamuk padahal manusia yang salah karena memotong jalur gajah. 

Ada spesies gajah di dunia. Gajah Asia (Indonesia, Thailand, India) dan gajah Afrika. Walaupun berbentuk sama mereka mempunyai perbedaan yang mudah sekali untuk di lihat.

gajah afrika


gajah asia
Gajah Afrika berkuping lebar 
Badan besar 
Gading yang lebih besar
Mempunyai punuk
Ujung belalai mempunyai dua bibir



Gajah Asia mempunyai kuping yang kecil
Badan lebih kecil 
Gading lebih kecil dibandingkan Afrika
Dahinya lebih jenong
Tidak mempunyai punuk
Ujung Belalai mempunyai satu bibir








Tidak ada komentar: