4 Feb 2014

STROKE MATA

Betapa kagetnya ketika salah seorang kerabat didagnose mengalami stroke mata. Saya baru tahu ternyata stroke bisa di daerah mata dan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Sebenarnya apa sih stroke mata itu? 

Stroke mata adalah kebocoran pada pembuluh darah mata yang terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran darah. Stroke mata terdiri atas dua macam, yaitu stroke yang terjadi pada pembuluh arteri dan vena. Stroke yang berasal dari pembuluh darah arteri memiliki golden period hanya 1 jam.

Ketika seseorang mengalaminya, mata akan mengalami penurunan penghilatan. Pandangannya seperti ter-blok, dari hanya berupa titik menghitam, noda menghitam bahkan bisa menjadi gelap terkadang tanpa diiringi gejala sakit dan biasanya hanya salah satu mata saja. Seseorang yang mengalaminya harus segera ke dokter mata untuk ditangani dan segera diobservasi penyebabnya.

Mata yang mengelami kebocoran pembuluh darah ternyata ada penyebabnya, seperti menderita tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan mengidap penyakit darah seperti anemia dan leukemia. Namun selain itu ada juga karena pola hidup tak sehat seperti kurangnya istirahat pada tubuh dah otak bisa menjadi pemicu stoke mata ini.

Untuk mengobati penyakit ini harus diketahui penyebab intinya hingga tidak terjadi kebutaan dan menjalar menjadi store ke tubuh dan dibutuhkan komitmen bagi si penderita agar memperbaiki pola hidupnya dengan istirahat yang teratur, makanan sehat dan seimbang serta berolah raga seperti jalan santai.

Olah raga mata dan tubuh (jalan dan berenang) adalah salah satu cara pencegahan.

Jadi Cegahlah sebelum mengalami.

Tidak ada komentar: