31 Okt 2013

H, F dan B PADA SIMBOL PINSIL

Banyak yang sudah tahu, tingkat kekerasan grafit pensil diterakan pada gagangnya dengan kode 3 huruf, yaitu H, F & B. 
contoh, umumnya kertas jawaban scanning komputer menggunakan pensil dengan tingkat kekerasan 2B.

Sebetulnya apa sih arti huruf H, F & B tersebut?
ini jawabannya:

  • H berarti Hardness (yaitu tingkat kekerasan, skalanya antara H, 1H sampai 9H, semakin tinggi angkanya berarti semakin keras).
  • F berarti Fine (yang diperuntukan utk menulis dan tanpa skala).
  • B berarti Blackness (tingkat kehitaman dari mulai B, 1B, 9B bahkan 9xxB, semakin tinggi angkanya berarti semakin hitam).


Misalkan:
1. HB berarti lebih keras dan lebih hitam dari F
2. 2B lebih hitam dan tidak keras.

Kode diatas merupakan kode internasional yang diciptakan oleh Inggris, dan dianut oleh hampir seluruh negara, kecuali Amerika, dimana mereka membuat pengkodean sendiri yang terbatas pada penggunaan yang paling umum yaitu #1 (B), #2 (HB), #2½ (F), #3 (H) dan #4 (2H).

Dari mana tingkat kekerasan pensil ditentukan?
pensil berunsur utama percampuran grafit dan tanah liat dimana dengan ragam rasio antara keduanya akan menghasilkan hasil yang berbeda. apabila tanah liat dikurangi maka grafit akan mendominasi volume yang ada sehingga hasilnya akan semakin hitam, begitupun apabila tanah liatnya terlalu banyak maka hasilnya akan memudar (tidak terlalu hitam) akan tetapi batangnya lebih keras.

Walaupun hampir semua seragam, komposisi grafit dan tanah liat pada pensil kadang tidak seragam, banyak produsen pensil menggunakan komposisi yang sedikit berbeda pada pensil produk mereka.


By. asidharta@yahoo.com

Tidak ada komentar: